(Resensi Buku)
Buku ini hendak meyakinkan kepada kita, bahwa ke depan, perusahaan yang memenangi kompetisi adalah perusahaan yang supply-chainnya baik sehingga operasional perusahaan lebih efisien. Saat ini pun beberapa perusahaan sudah membuktikan hal itu. Mengambil contoh, perusahaan ritel Alfa dan Indomaret, meskipun lokasinya berhadap-hadapan, tetapi harganya bisa berbeda, hal itu disebabkan karena perbedaan tingkat efisiensi dan kerjasama yang dibangun jaringannya.
SCM bukan sekedar masalah logistik melainkan pengelolaan informasi, barang dan jasa mulai dari pemasok paling awal sampai konsumen paling akhir dengan menggunakan pendekatan sistem yang terintegrasi dan dengan tujuan yang sama. Implementasi SCM bisa berhasil bila:
- SCM dipandang sebagai asset strategis bagi perusahaan.
- Proses SCM dirancang dari ujung ke ujung secara efektif.
- Organisasi SCM yang kuat.
- Model kolaborasi yang tepat.
- Perlu adanya alat pantau untuk mengukur performance seluruh rantai SCM.
Sekali lagi perlu ditekankan di sini, karena SCM adalah pengelolaan informasi, maka teknologi system informasi harus memadahi dan SDM yang terlibat di dalamnya harus kompeten. Sebagai negara kepulauan yang luas, Indonesia sangat berkepentingan dengan Supply Chain Management.
Management is The Key Success Factor for Your Business, Internet Marketing, Making Money Online, Blogging, etc.
Thursday, February 14, 2008
Produktifitas dan Efisiensi dengan Supply Chain Management
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Making Money While Blogging is Real:
No comments:
Post a Comment